11 August, 2012

Masjid Tertua di Korea Selatan

Jangan kaget... di Korea Selatan pun terdapat tempat ibadah umat muslim lohh(ya iyalah..!), walopun jumlah nya ga se-abrek seperti di Indonesia, yg 1 kompleknya bisa 2 sampe 3 masjid. Upss, tapi tenang.. kalo kamu suatu saat ke Negara Gingseng ini jangan khawatir, ada masjid nya kok..

Nah salah satunya adalah Masjid tertua di Korea Selatan.. Apa nama masjidnya? Penasran? kasi tau ga yah..? nihh.. Masjid Raya Seoul, Korsel. 





Tau ga nih kalo Di Korea saat ini udah ada sekitar 7 Mesjid yg berdiri. Memang bagi sebagian masyarakat Korea ajaran Islam memang masih sedikit asing, hal ini mungkin disebabkan oleh penyebaran agama Islam tidak segencar agama lainnya, tapi ternyata penduduk keturunan Korea yang beragama Islam diperkirakan kurang lebih sudah mencapai 45.000 jiwaan looh. Malah katanya jumlah pemeluk Islam di Korea terus bertambah secara stabil, wow bangetkan??

Kalo mau tau mesjid yang terbesar dan tertua di sana coba aja ke daerah Itaewon disana ada Mesjid Raya Seoul yang merupakan mesjid tertua dan terbesar di Korea. Masjid ini dibangun sekitar tahun 1976-an.

Biasanya setiap hari Jumat, mesjid ini selalu ramai dikunjungi oleh ummat Islam yang datang dari daerah sekitar kota Seoul yg ingin mengadakan Sholat Jum'at. Paling tidak ada sekitar 800 jemaah yang melaksanakan sholat Jumat disana dan mayoritas dari mereka adalah orang Arab, Pakistan, Turki, dan orang asli Korea sendiri.

Sebagai satu-satunya masjid di Seoul, Seoul Central Masjid telah menjadi seperti tempat wisata yang wajib dikunjungi bagi orang Korea pada akhir pekan untuk mendengar pembicaraan atau ceramah tentang Islam.
Para turis2 yang berkunjung pun harus sopan dan rapih menggunakan pakaiannya supaya menghormati lingkungan masjid. Tapi tenang udah di sediain kok pakaian dan kain untuk menutup tubuh yang terbuka auratnya..

Dan khusus pada bulan Ramadhan mesjid ini jg menyediakan menu untuk berbuka puasa. Makanya enggak heran kalo mesjid ini juga selalu ramai setiap bulan puasa. Bahkan Masjid ini juga selalu diisi oleh orang- orang yang mengaji hingga menjelang makan sahur. Syukur deh, ternyata kebiasaan orang Islam di Indonesia selama bulan puasa, juga dapat kita temui di Korea sana. Jadi kalo kamu mo pergi ke Korea gak ada alesan buat gak sholat ya. hehe :D