14 August, 2012

Yang Menarik Di Hari Ultah Pramuka





Pramuka adalah salah satu organisasi yang resmi dan dijadikan ekskul di setiap sekolah mulai dari sd,smp dan sma.


Pramuka tidak ada kata “bapak” atau “ibu” bagi anggota yang sudah tua.
mereka lebih sering menggunakan istilah “kakak” dan “adik” jadi setua apapun pembina pramuka mereka tetap di awet mudakan oleh anggota pramuka yg dibinanya dengan memanggilnya “kakak”


Pramuka memiliki barret layaknya tentara.
karna dasar pelatihan pramuka sedikit mengacu kepada kemiliteran tapi dikemas secara menarik ,inovatif dan tanpa kekerasan agar anggota pramuka selalu senang beraktifitas di oraganisasi pramuka.


Anggota pramuka tiap daerah mempunyai adat istiadat masing-masing.
anggota pramuka tiap daerah memiliki badge daerahnya masing-masing dengan corak yang berbeda begitupun makna yang terkandung di dalamnya.

Anggota pramuka di tuntut untuk selalu kreatif dan hal itu dibuktikan dengan banyak cara yg berbeda di tiap daerah indonesia mulai dari menggunakan 1 aksesoris berbeda di pakaian mereka.

Anggota pramuka juga bisa naik pangkat.
Layaknya polisi dan tentara, anggota pramuka pun bisa naik pangkat dengan menyelesaikan SKU (syarat kecakapan umum)

Ada 4 macam anggota pramuka mulai dari :


  1. Siaga (umur 7-10) pangkat pertama adala siaga mula kedua siaga bantu dan terakhir siaga tata.



  2. Penggalang (lanjutan dari pramuka siaga, umur 11-15) pangkat pertama adalah penggalang ramu, kedua penggalang rakit,ketiga penggalang terap, dan pangkat tertinggi adalah penggalang garuda.



  3. Penegak (lanjutan dari pramuka penggalang, umur 16-20) pangkat pertama adalah penegak bantara, kedua adalah penegak laksana, pangkat tertinggi adalah penegak garuda.



  4. Pandega (lanjutan dari pramuka penegak,umur 21-25)

Pramuka selalu bersenjatakan tongkat dan tali.
Sama halnya para pejuang indonesia dulu yang berusaha merebut kemerdekaan dengan menggunakan bambu runcing, anggota pramuka pun bersenjatakan tongkat, karna tongkat dan tali bagi seorang anggota pramuka sudahlah cukup untuk membuat tenda,tandu,tiang bendera,gapura,pagar dll.

Negatifnya pramuka dimata masyarakat dan pemuda masa kini:
Buruknya pengetahuan tentang gerakan pramuka menyababkan pramuka di lihat sebelah mata oleh sedikit orang tua dan banyaknya anak muda.

Karna mereka hanya menganggap anggota pramuka kerjaanya Cuma panas-panasan,baris-berbaris,menyanyi dan hal-hal yang mereka anggap tidak menarik dan membosankan.
Dan dari beberapa anak sekolah bilang “masuk pramuka itu gengsi dan ga gaul”
Sehingga para anak-anak yang ada di sekolah lebih mengikuti kegiatan yang dianggapnya tidak ketinggalan jaman.

Padahal dibalik itu anggota pramuka di ajarkan kemandirian,kedisiplinan,melakukan permainan yang unik dan seru tanpa mengabaikan unsur edukasi di dalamnya.
Bapak Pandu Sedunia
KA Mabinas Indonesia

Pramuka itu penuh senyuuuuumm

Salah satu film pramuka
Selamat hari ulang tahun Pramuka :D