26 October, 2012

Meriahnya Idul Adha di Berbagai Negara

Seperti di Indonesia, umat muslim di seluruh dunia menyambut meriah tiap kali datangnya Idul Adha. Yuk intip kebiasaan umat muslim di beberapa negara di berbagai belahan dunia saat menyambut salah Satu hari raya Islam ini.

Dalam kebudayaan Islam, Idul Adha sering didahului dengan Solat Ied (Seperti Idul Fitri), sebelum acara utama dimulai, penyembelihan hewan kurban. Setelah disembelih, daging akan didistribusikan ke semua orang, terutama fakir miskin.

Perayaan Idul Adha pertama kali berinspirasi dari kisah Nabi Ibrahim AS, yang diperintahkan untuk menyembelih anaknya Nabi Ismail AS. Kisahnya menjadi tauladan sekaligus cerminan keikhlasan untuk berkorban demi sesuatu yang baik. Setelah lulus dari ujian, Alloh kemudian menurunkan hewan (Kambing) dari surga untuk menggantikan posisi Ismail. Dari sini budaya Idul Adha atau hari raya kurban di Indonesia sering didominasi penyembelihan kambing. Selain kambing, saat hari raya kurban, orang juga sering menyerahkan sapi sebagai hewan kurban.

Tak Cuma di Indonesia, perayaan Idul Adha juga kerap dilangsungkan di Amerika. Umumnya, penduduk setempat mendapat jatah libur 1-3 hari selama peringatan hari raya kurban. Seperti di Indonesia, konsentrasi kegiatan sering dilakukan di Masjid sejak pagi hari. Setelah itu mereka sering berbagi dengan sesama dengan acara makan bersama. Hanya saja, berbeda dengan di Indonesia, disini prosesi penyembelihan umumnya tak banyak dilakukan.

Seperti di Amerika, perayaan Idul Adha di Mesir juga ditandai dengan libur selama 3 hari selama perayaan. Umat muslim setempat biasanya saling bermaaf-maafan setelah prosesi solat Ied. Dan pada akhirnya, diadakan prosesi pembagian daging korban yang biasanya dilakukan oleh sebuah LSM setempat.

Lebih lama sehari, di Pakistan, perayaan Idul Adha di Pakistan biasanya ditandai dengan libur selama 4 hari. Jelas perayaan, banyak toko tutup dan konsentrasi kegiatan lebih ke masjid-masjid sejak pagi hari. Seperti di Indonesia, di Pakistan proses penyembelihan juga sering dilakukan oleh warga setempat. Daging kurban pada akhirnya di distribusikan ke fakir miskin.

Di Maroko, libur Idul Adha juga berlangsung selama 3 hari. Tak banyak berbeda dengan perayaan yang dilakukan di Indonesia. masyarakat berbondong-bondong pergi ke Masjid sejak pagi untuk solat Ied, melakukan proses penyembelihan lalu mendistribusikan ke masyarakat.

Bangladesh juga memiliki tradisi yang hampir sama di budaya berbagai negara muslim lain yang merayakan Idul Adha. Hanya saja, negara ini dikenal memiliki peraturan yang ketat soal hewan kurban. Bekerja dengan ahli, di negara ini standar hewan kurban benar-benar diperhatikan. Seperti usia dan kesehatan dari hewan yang akan di kurbankan. Sama dengan beberapa negara lain, perayaan salah satu dari Dua hari besar umat muslim ini diadakan selama 3 hari.

Namun dari semua perayaan di berbagai negara, bisa jadi perayaan Idul Adha di Arab Saudi selalu ramai setiap tahunnya. Karena hari raya kurban sering dirayakan dengan ibadah haji yang dilakukan oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia. - Oleh : http://www.centroone.com