05 December, 2013

Ternyata 2000 tahun silam konsep Facebook sudah ada, Wow!

Ternyata 2000 tahun silam konsep Facebook sudah ada, Wow!

Facebook, Twitter, blog atau apapun yang bersifat masal memang ditemukan ketika era teknologi sudah menjadi salah satu bagian dari hidup manusia. Namun ternyata laman jejaring sosial yang serupa sudah ada sekitar 2000 tahun lalu.

Seorang penulis bernama Tom Standage mengatakan bahwa pada zaman dahulu atau sekitar kekaisaran Roma masih kuat dan bercokol di muka bumi, penggunaan laman yang mirip seperti jejaring sosial sudah digunakan.

Standage mengklaim bahwa orang-orang zaman dahulu memang tidak menggunakan perangkat komputer atau juga internet dalam hal berbagi atau menuliskan status, mereka hanya menuliskannya di sebuah dinding atau permukaan lain dalam bentuk grafiti.

Dikutip dari Daily Mail (08/11), bahkan tidak hanya orang-orang di era Roma saja, beberapa tokoh terkenal seperti Thomas Paine atau juga Martin Luther juga menggunakan media mirip Facebook dalam menyebarkan status atau pesan khusus agar dapat dibaca dan dikomentari orang lain.

Contohnya saja Martin Luther pernah menuliskan 95 status di sebuah pintu gereja. Contoh lain adalah Sir John Harington sang penemu toilet pertama yang hidup di abad 16 juga pernah menuliskan status dengan format mirip Twitter sekarang ini.

Standage menjelaskan, masyarakat zaman dahulu menuliskan banyak hal di dinding atau permukaan lain di bangunan forum di Roma seperti pesan tentang ulasan hotel, opini politik bahkan untuk urusan ranjang. (sumber)